Open Day : Mengenal FPIK Lebih Dekat

Open Day Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat telah dimulai sejak tahun 2013, adalah sebuah kegiatan pengenalan program-program studi di FPIK Unsrat kepada  siswa-siswi SMA yang dalam hal ini dibidik sebagai para calon mahasiswa. Open Day merupakan inisiasi dari mahasiswa FPIK yang bertujuan melakukan promosi fakultas sekaligus mengembangkan bakat dan softskill mahasiswa FPIK sendiri.

Hingga saat ini Open Day FPIK terus rutin digelar. Hingga baru-baru ini pada 25-29 April 2017 Open Day kembali diselenggarakan oleh mahasiswa FPIK Unsrat di pertengahan musim pendaftaran kuliah. Sejumlah siswa-siswi SMA dari berbagai sekolah negeri maupun swasta di Sulawesi Utara diundang untuk berpartisipasi dalam berbagai perlombaan adu bakat dan kreativitas yang diselenggarakan oleh mahasiswa FPIK Unsrat sebagai panitia.

Kegiatan Open Day meliputi sejumlah perlombaan bagi siswa-siswi SMA seperti kompetisi basket, pidato bahasa inggris, dan dance cover competition. Ada pula pemilihan Putra-Putri FPIK 2017 yang merupakan ajang pemilihan duta kampus yang khusus diselenggarakan bagi mahasiswa FPIK. Sejak dimulai pada Selasa (25/04), para peserta lomba telah melalui serangkaian proses penilaian yang diadakan di aula dan area sekitar kampus FPIK Unsrat. Jumlah sekolah yang berpartisipasi pada Open Day kali ini adalah delapan SMA/SMK dari kota Manado dan sekitarnya, di antaranya adalah SMA Lokon St.Nicolaus Tomohon, SMA Negri 9 Manado, SMA N 1 Tomohon, SMA Aquino Amurang, SMA Kristen Tomohon, SMK Kristen Tomohon, SMA N 1 Manado, dan SMA Don Bosco Manado.

Panitia Open Day tahun ini mengangkat tema “Marine and Fisheries as Buddy For Our Future”, atau perikanan dan kelautan yang diproyeksikan menjadi sahabat bagi masa depan masyarakat Indonesia. Melihat kemajuan dari sektor perikanan dan kelautan di Indonesia saat ini, serta prospek lapangan pekerjaan di bidang tersebut yang semakin terbuka, maka sektor perikanan dan kelautan diharapkan menjadi tumpuan ekonomi bagi masyarakat Indonesia yang lebih baik. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sektor perikanan di Indonesia berkembang 8.37% pada kuartal ketiga tahun 2015, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi negara ini secara keseluruhan 4,73% pada kuartal yang sama. Ekspor produk perikanan Indonesia tercatat sebesar 244,6 juta dollar Amerika Serikat (AS) pada bulan Oktober 2015, sedangkan impor hanya mencapai 12,5 juta dollar AS. Meningkatnya kebutuhan manusia akan produk hasil perikanan, juga perlu dibarengi dengan peningkatan usaha pelestarian ekosistem pesisir dan laut agar bisa terus mendukung keberlanjutan sumberdaya yang terus-menerus dimanfaatkan manusia

Melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan selama Open Day, panitia menghadirkan sejumlah informasi mengenai program-program studi di FPIK Unsrat yang diharapkan dapat menjadi salah satu opsi para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan kuliah mereka. Ada enam program studi yang ditawarkan FPIK Unsrat, di antaranya adalah Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Agrobisnis Perikanan, Pengolahan Hasil Perikanan, dan Pemanfatan Sumberdaya Perikanan. Keenam program studi tersebut memiliki fokusnya masing-masing dalam menggerakan sektor perikanan.

Prof. Winda Mingkid selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menuturkan bahwa penting bagi FPIK sendiri untuk melakukan promosi, agar para calon mahasiswa mendapat gambaran seperti apa FPIK dan apa-apa yang akan dipelajari di sini 

Sebagaimana arah pembangunan Indonesia yang oleh presiden Jokowi diarahkan pada sektor perikanan dan kelautan, maka kita masih membutuhkan lebih banyak sumberdaya manusia untuk merealisasikan konsep ekonomi biru tersebut” ujar Prof. Winda Mingkid. Open Day sudah dilaksanakan sejak tahun 2013, efeknya dapat dilihat dari peningkatan jumlah mahasiswa yang cukup signifikan. Yaitu pada 2015 ada kurang lebih 260 pendaftar, dari pada tahun 2014 yang hanya 230-an pendaftar. Dan baru-baru ini pada tahun 2016 telah menembus angka lebih dari 300-an mahasiswa. (samudra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *