Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) 2017: Mereka adalah Inovasi!

Mantan-mantan magangers yang larut dalam cerita (Foto: Alanuari)

 

 

 

 

 

Dua minggu sebelum mereka dilantik, ada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dan Inovasi Magazine Challenge yang harus dilalui para calon awak baru LPM Inovasi Unsrat. Selama proses tersebut, kami menjuluki mereka dengan sebutan ‘Magangers’. Atas dasar hobi yang sama, mereka dipertemukan di Inovasi.

Jumlah pendaftar program magangers di awal mencapai 27 Mahasiswa, dari 9 Fakultas yang ada di Unsrat, minus Fakultas Kedokteran dan Peternakan. Hingga berlangsungnya kegiatan Magang, masih tersisa 20 orang calon awak baru. Semakin mendekati hari pelantikan, jumlah Magangers menyusut. Tantangan untuk menyelesaikan sebuah Majalah dengan berbagai permintaan rubrik di dalamnya menyisakan 16 orang, dari 6 Fakultas.

Memang bukan hal yang tidak biasa terjadi di Inovasi, juga tentu Ormawa lainnya. Ada seleksi alam yang berlaku. Bukan karena yang paling kuat, yang akan bertahan. Tetapi, yang bertahan, adalah mereka yang melakukan usaha lebih untuk mengadaptasikan diri dengan lingkungan Pers Mahasiswa Inovasi.

Sorot Balik Tantangan Majalah Inovasi

Melalui Inovasi Magazine Challenge, kami ingin para Magangers merasakan pengalaman bergelut dengan pekerjaan keredaksian. Berbekal ilmu dari PJTD, dan sejumlah pedoman menyusun rubrik majalah, mereka menjalani satu minggu yang sangat melelahkan. Di tengah kesibukan kuliah dan jadwal praktikum yang padat, mereka harus melakukan sejumlah rapat redaksi, peliputan, wawancara, penyusunan naskah, hingga mendesain lay-out.

Meski ruang sekretariat kami terletak di lantai tiga Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), kami menemukan beberapa Magangers berada di sana setelah jam kuliah. Ada yang menulis, ada yang membaca buku atau majalah-majalah tua, atau sekedar nongkrong dan ngobrol dengan para pengurus Inovasi yang tersisa. Kadang, memang melelahkan, ketika harus berjalan kaki dari fakultas, kemudian naik tangga ke lantai tiga. Tapi, mereka nampak tak memedulikan itu.

Inovasi Magazine Challenge (Foto: Mustika)

Presentasi Tim Inovasi-3 (Foto: Mustika)

Kami sangat mengapresiasi semangat dan kegigihan para Magangers menyelesaikan tantangan membuat majalah Inovasi pertama mereka. Meskipun, saat itu mereka belum bisa menyelesaikannya pada deadline yang ditentukan tanggal 24 Oktober, pukul 4 sore. Tim Inovasi-1 dan Tim Inovasi-2 merampungkan majalah mereka pada pukul 11 malam, sekaligus dilanjutkan dengan presentasi. Tim Inovasi-3 menjadi tim terakhir yang memasukan majalah, dan melakukan presentasi sehari setelahnya.

Hasil kerja keras mereka patut diacungi empat jempol. Soal ejaan dan tanda baca yang masih belum tepat, tidak menjadi masalah berarti. Proses belajar masih akan berlangsung. Namun, yang paling penting, mereka mengerjakan majalahnya dengan sepenuh hati.

Menjadi Inovasi

Menjelang pelantikan, Magangers menghabiskan malam bersama dengan berkemah di tepi Pantai Rengkupes, Desa Ranowangko. Kami memasak, hingga makan di atas daun pisang bersama-sama. Satu sama lain mencoba menciptakan kehangatan di antara mereka. Saling suap atau berbagai air minum. Nasi yang ternyata terlalu banyak, juga berusaha mereka habiskan bersama-sama.

Suasana makan bersama di atas daun pisang diterangi temaram lampu (Foto: Amad)

 

Suap-suapan, ihiiyy! (Foto: Amad)

Malam itu diisi dengan sejumlah kegiatan seru-seruan ala Inovasi. Ada pentas drama kecil-kecilan yang lucu dan menghibur dari para Magangers, berkirim surat, dan berbagi cerita hingga larut. Tujuannya sederhana, yaitu untuk memastikan, mereka berteman dengan baik.

Sudah menjadi tradisi Inovasi, prosesi pelantikan dimulai pagi hari. Serangkaian ritual turun-temurun dari para pendahulu Inovasi juga dilalui para awak baru. Prosesi diakhiri dengan mencium bendera Inovasi, sebagai tanda resmi bergabungnya mereka bersama LPM Inovasi Unsrat. Tidak ada lagi julukan Magangers. Sejak hari itu, mereka adalah Inovasi.

Selamat bergabung, mantan magangers!

Salam Pers Mahasiswa!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *