#TrashBash: Sadar Akan Kebersihan Lingkungan, Mahasiswa Unsrat Bersihkan Pantai Kawasan Megamas

Penulis: Ginpus

Mahasiswa Unsrat mengadakan kegiatan pembersihan pantai (Foto: Vyona)

MANADO – Terik sore Kawasan Megamas tidak menyurutkan semangat mahasiswa Unsrat dalam giat community service yang difasilitasi oleh American Corner Universitas Sam Ratulangi. Sabtu (11/05), meski sebagian sedang menjalankan ibadah puasa, namun tidak mematahkan antusias mahasiswa untuk membersihkan sampah di pinggiran pantai di Kawasan Megamas, Manado.

“Mahasiswa sendiri yang memutuskan untuk membersihkan pantai dan kami memfasilitasi agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kepemimpinan,” tutur Christopher Minor, steering committee American Corner. Kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat tentang konservasi karena American Corner juga bekerjasama dengan Sea Soldier dan Selamatkan Yaki untuk mengedukasi seputar darurat sampah dan pemeliharaan lingkungan. Menurut Billy Najoan dari komunitas Sea Soldier, “Laut tidak menghasilkan sampah, semua sampah berasal dari darat.”

Para partisipan sedang mengangkat sampah di seputaran Kawasan Megamas (Foto: Tasya)

Tidak hanya mengundang komunitas lokal, kegiatan ini juga dihadiri oleh Konsulat Jendral Amerika Serikat di Surabaya yang juga ambil bagian dalam pembersihan sampah. “Kegiatan ini juga untuk memperingati 70 tahun kerjasama diplomasi antara Indonesia dan Amerika,” ujar Christine Getzler-Vaughan.

(Foto: Tasya)

Semakin sore, semakin meriah. Acara yang dihadiri 70 lebih sukarelawan mahasiswa ini dimeriahkan dengan berbagai games dan dirangkaikan juga dengan berbuka puasa bersama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *